22 Nov 2012

LAHAN PEMBIBITAN

Lahan Persemaian. Lahan pembibitan bisa juga disebut lahan persemaian. Dengan lahan persemaian yang baik dan benar maka akan dihasilkan bibit padi yang sehat dan besar. Kemudian memperhatikan jumlah benih yang akan di sebar per meter persegi. Maka bibit padi umur 15 hss akan diperoleh bibit yang siap tanam.

Luas Lahan Persemaian. Berdasarkan rekomendasi yang dianjurkan luas lahan persemaian adalah 4 % dari luas lahan yang akan ditanam. Misalkan ada petani yang punya lahan 1 Ha maka luas lahan perrsemaiannya sekitar 4 % dari 10.000 m2 adalah 400 m2.  atau 1/25 bagian lahan yang akan kita garap.
Bila petani punya sawah 2.000 m2 maka butuh  80 m2 buat lahan persemaiannya.  Kenapa? Dengan cara ini akan hemat benih dan bibit padi cepat tumbuh subur dan besar

Arah Tempat Pemsemaian.  Diusahakan dalam membuat petak persemaian melihat arah matahari. Dibuat sejalan dengan terbut dan tenggelamnya matahari.  Artinya menghadap arah Timur dan Barat.

Perhatikan Lebar Petak Persemaian. Ini yang penting. Indikasi keberhasilan petani sawah adalah melihat petak persemaiannya. Bila petani menggunakan lebar petak persemaian antara 1,2 – 1,5 m maka petani tsb sudah mengerti cara buat petak persemaian.
Hindari, Jangan sampai ada petani yang membuat petak persemaian seperti lapangan bola mini. Panjang bisa 10 m x lebar 5-7 meter.

Berapa banyak Benih yang disebar. Untuk ukuran standar, sebar benih sebanyak 1-1,5 genggaman insan (orang) dewasa per meter persegi.

Pupuk Untuk Lahan Persemaian.  Dengan lahan sekitar 400 m2/ha maka diperlukan Pupuk Kandang sebanyak 100-200 kg, tambahkan sekam padi beberapa karung atau abu dari pembakaran sekam. Berikan pupuk NPK sebanyak 10 g/m2. Atau 4 kg/ 400 m2. Atau bisa juga memberikan pupuk ZA dengan dosis yang sama.
Sebagai tambahan, sebaiknya berikan POC hayati di lahan persemaian. Sebab dengan adanya bakteri-bakteri yang menguntungkan seperti bakteri pengikat nitrogen, pelarut pospat, dll akan menjaga keseimbangan baktri di dalam tanah. Degan demikian, akan mencegah penyakit tertentu terutama penyakuit kresek pada tanaman padi.
Umur Bibir Persemaian. Secara umum tanam bibit padi dalam umur 15- 20 hss. Tapi pendapat saya, umur persemaian padi disesuaikan dengan umur tanaman padi. Bila varietas padi umur 103 hari seperti Inpari 13 atau 102 hari seperti Inpari 19  maka sebaiknya ditanam ketika bibit padi berumur di bawah 15 hss.
Bila umur padi berumur sekitar 108-116 hari seperti Inpari 10 dan varietas yg seumur maka bibit padi berumur di bawah 18 hss. Untuk Ciherang, yang berumur 115-125 hari sebaiknya umur bibit ditanam di bawah 20 hss.
Prinsip Pindah Tanam : Pindah tanam tanaman padi sama dengan prinsip wanita, semakin kawin muda semakin banyak anak. Demikian pula bibit padi, ditanam di bawah umur 15 – 20 hss maka akan banyak jumlah anakannya.

Sebelum Pindah Tanam. Sebaiknya sebelum 2-3 hr sebelum bibit pindah tanam disemprot insektisida alami atau insektisida kimia ( spontan, regant, hipolag, culbix, dll). Hal ini untuk menghindari adanya telur atau hama yang menempel pada lahan persemaian.